Pernahkah kamu merasa waktu terasa begitu cepat berlalu, namun tetap saja pekerjaan menumpuk? Atau mungkin kamu seringkali terjebak dalam pusaran notifikasi dan sulit fokus pada satu tugas? Jika iya, kamu itu tidak sendirian. Melek mata, karena sebuah metode sederhana yang telah membantu jutaan orang di seluruh dunia untuk meningkatkan produktivitas dan fokus mereka. Metode ini disebut dengan Teknik Pomodoro.

Tahukah kamu, otak manusia tidak dirancang untuk berkonsentrasi dalam waktu yang lama. Teknik Pomodoro mengakui batasan ini, dan menawarkan solusi yang berbasis pada psikologi. Dengan memberikan otak kita waktu untuk beristirahat secara berkala, kita dapat meningkatkan daya ingat, kreativitas, dan kemampuan pemecahan masalah.

Semua indah pada waktunya.


Apa itu Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro adalah suatu metode manajemen waktu yang digunakan untuk meningkatkan nilai baik, seperti: lebih produktivitas dan fokus. Teknik ini dikembangkan oleh Francesco Cirillo pada akhir tahun 1980-an. Nama "Pomodoro" sendiri diambil dari kata Italia yang berarti "tomat", karena Cirillo menggunakan timer berbentuk tomat saat pertama kali mengembangkan teknik ini.

Di bandingkan dengan metode belajar cara lama yang anak kita lakukan, atau bekerja konvensional yang seringkali monoton dan membosankan, Teknik Pomodoro menawarkan pendekatan yang lebih segar, tidak membosankan, dan cukup menyenangkan. Coba saja.

Bekerja, belajar jadi menyenangkan? Gak salah ini.

Tidak salah lagi. Dengan adanya interval istirahat, kita dapat menjaga fokus, motivasi tetap tinggi, dan menghindari burnout. Selain itu, fleksibilitas Teknik Pomodoro memungkinkan kita untuk menyesuaikannya dengan gaya belajar atau bekerja masing-masing. Dan itu terbukti.

Lalu, bagaimana cara kerjanya?

 

Cara Kerja Teknik Pomodoro?

Teknik Pomodoro pada dasarnya merupakan satu metode manajemen waktu yang membagi waktu kerja menjadi interval-interval pendek. Dalam penerapan teknik ini, lakukan pekerjaan atau belajar dalam kurun waktu 25 menit, disebut pomodoro.

Bukan Podomoro, tapi Pomodoro.

Setiap pomodoro di ikuti dengan istirahat singkat selama 5 menit. “Seperti berenang, butuh ambil nafas”. Dan setelah empat kali (4x) pomodoro kamu kerjakan, lakukan istirahat yang lebih panjang, sekitar: 15-30 menit. Dengan cara ini, kita dapat menjaga kestabilan fokus dan produktivitas secara optimal.

Secara ringkas, langkah-langkah Teknik Pomodoro, yakni:

  • Siapkan Timer: “agak repot memang” Atur timer selama 25 menit;
  • Fokus Penuh: Kerjakan satu tugas tanpa gangguan selama 25 menit;
  • Istirahat Singkat: Istirahat selama 5 menit setelah satu pomodoro selesai;
  • Ulangi: Ulangi siklus 25 menit kerja dan 5 menit istirahat sebanyak 4 kali; dan
  • Istirahat Panjang: Ambil istirahat lebih lama setelah 4 pomodoro. 

Yang menjadi sasaran dari teknik ini adalah bekerja fokus pada intensitas tinggi dengan waktu yang kita batasi, lalu beristirahat untuk memulihkan energi. Ini sangat baik dan paling efektif karena memungkinkan otak beristirahat secara berkala. Lagi pula kebanyakan duduk sangat tidak baik bagi tubuh kita.

Mengapa harus berkala?

Istirahat berkala kita lakukan “demi kamu 😊” mencegah kelelahan, dan meningkatkan efisiensi kerja. Selain itu juga, dengan membagi part-part tugas menjadi potongan-potongan kecil, tugas besar yang kamu kerjakan terasa lebih mudah kita selesaikan bersama.

 

Manfaat Yang Didapatkan

Teknik Pomodoro menawarkan berbagai manfaat yang dapat meningkatkan kualitas hidup kita, baik di lingkungan kerja maupun dalam kehidupan sehari-hari. Dengan konsisten menerapkan teknik ini, kita dapat mencapai produktivitas yang lebih tinggi, kualitas kerja yang lebih baik, dan keseimbangan hidup yang lebih sehat. Manfaat yang kita dapatkan, seperti:

 

1. Meningkatkan Fokus

Dengan membagi waktu menjadi interval-interval pendek, kamu akan lebih mudah untuk fokus pada satu tugas. Mengarahkan perhatian kamu secara penuh dan intens pada satu hal atau tugas tertentu.

Ini seperti menyoroti satu titik dengan senter di ruangan gelap. “Semakin fokus sorotannya, semakin jelas objek yang kita lihat, bagai mata elang.”

 

2. Mencegah Kelelahan

Mencegah lebih baik dari mengobati. Istirahat singkat secara berkala membantu mencegah kelelahan fisik dan mental. Pegal pegal di seputar leher dan pinggul, misalnya. Bukan berarti kitanya lemah. Tidakk!

Dengan memecah tugas-tugas besar menjadi bagian-bagian kecil yang lebih mudah kamu kelola, kita dapat membuat semuanya menjadi lebih tenang dan terkendali. Selain itu, istirahat singkat yang teratur juga membantu menurunkan tingkatan stres, rontok rambut, uban tumbuh, kepanikan, dan penurunan mood.

 

3. Meningkatkan Kreativitas

Meskipun mungkin terdengar kontraintuitif, istirahat singkat yang diberikan oleh Teknik Pomodoro, sebenarnya dapat meningkatkan kreativitas juga gak sih. Sejatinya kita di berikan kemampuan untuk mempermudah masalah.

Betul sekali, ketika kita memberikan otak waktu untuk beristirahat, dan beralih ke aktivitas yang berbeda, pikiran bawah sadar kita dapat terus bekerja dan menghasilkan ide-ide baru, pastinya. Temukan dan buktikan.

 

4. Meningkatkan Produktivitas

Pomodoro memberikan dampak yang signifikan terhadap produktivitas kita. Dengan membagi waktu kerja menjadi bagian-bagian yang lebih pendek, kita dapat mempertahankan fokus yang tinggi selama periode waktu tersebut.

Istirahat singkat di antara interval, membantu mencegah “lelah sekali”, sehingga kita bisa bekerja lebih efisien dan menyelesaikan tugas dengan lebih cepat. Semua ini demi meningkatkan produktivitas.

 

5. Kualitas Kerja Terjaga

“Kita harus selalu menjaga kualitas”. Selain meningkatkan produktivitas pekerjaan, Teknik Pomodoro juga berkontribusi pada peningkatan kualitas. “kualitas jadi lebih baik, kerja dan belajar pun lebih menyenangkan”.

Dengan fokus penuh pada satu tugas selama: 25 menit, kita dapat memproses pekerjaan yang lebih baik dan lebih akurat. Selain itu, teknik ini juga membantu kita untuk menghindari kesalahan yang sering terjadi akibat terburu-buru atau kurang konsentrasi.

 

6. Mengurangi Prokrastinasi

Teknik Pomodoro membuat tugas-tugas yang besar terasa lebih mudah karena dipecah menjadi bagian-bagian kecil. Mengurangi prokrastinasi berarti mengurangi kebiasaan menunda-nunda pekerjaan atau tugas yang seharusnya kamu lakukan.

Orang yang sering menunda-nunda sering kali merasa kesulitan untuk memulai atau menyelesaikan suatu pekerjaan, bahkan jika pekerjaan tersebut penting atau memiliki tenggat waktu.

 

7. Mengelola Waktu dengan Lebih Baik

Salah satu tantangan terbesar dalam bekerja atau belajar adalah mengelola waktu dengan efektif. “Lupa diri, lupa juga waktu telah dilalui”. Teknik Pomodoro memberikan struktur yang jelas pada waktu kita, sehingga kita dapat merencanakan dan mengorganisir tugas-tugas dengan lebih baik.

Dengan mengetahui berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan satu tugas, sebenarnya kita dapat membuat perkiraan yang lebih akurat tentang tenggat waktu. Dan ini yang kami maksudkan.

 

Upgrade Dirimu Jadi Versi Terbaik

Teknik Pomodoro memang bisa menjadi alat yang sangat ampuh untuk membantu kita mencapai versi terbaik dari diri kita sendiri. Semua bisa di lakukan karena kita membatasi waktu untuk setiap tugas.

Jeda singkat di antara setiap pomodoro bagai udara pagi hari. membantu otak kita untuk beristirahat dan kembali segar. Dan itu satu kebiasaan baik. Dengan konsistensi menerapkan teknik ini, kita akan mengembangkan kebiasaan yang lebih baik.

Apa itu?

Itu tak lebih menjadikan kita disiplin diri. Melatih kita untuk konsisten dan disiplin dalam mencapai tujuan dan target karena di kejar waktu yang sudah kita sat-set sebelumnya. Semua ini demi waktu, karena waktu begitu berharga seperti emas.

 

Mengubah Waktu Jadi Emas

Bayangkan hidupmu seperti saat kita sedang makan pizza. “Bukan emas yang kita makan”. Jika kamu memakannya sekaligus, kamu akan merasa kenyang sebentar, tapi kemudian akan merasa lapar lagi. Namun, jika kamu memotong pizza menjadi beberapa bagian dan memakannya secara bertahap, kamu akan merasa lebih puas dan kenyang lebih lama.

Begitu pula dengan pekerjaan kita. Teknik Pomodoro mengajarkan kita untuk "memotong" pekerjaan menjadi potongan-potongan kecil yang lebih mudah kita kelola. Menjadikannya terlihat lebih mudah, berjalan setahap demi setahap hingga garis akhir.

Artikel itu tak lebih hanya sekedar membicarakan soal waktu. Lalu kamu bertanya “Dimana waktumu?” Jawabnya: “Kamu tidak akan pernah menemukannya”. Jika menginginkan itu, kamu harus mengelolanya. Karena, jika waktu terbuang, kamu akan kehilangan...

 

Salam Dyarinotescom.

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama